1. Bagi anda alumni Diploma Teknik Sipil UGM klik disini
    Dismiss Notice
Dismiss Notice
Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik seputar redaksional forum silahkan hubungi kami melalui email [email protected] Untuk pertanyaan teknis silahkan membuat thread

Share Struktur Jembatan

Discussion in 'Struktur' started by doni, 12 February 2016.

  1. doni

    doni Well-Known Member

    Joined:
    5 February 2016
    Messages:
    290
    Likes Received:
    302
    Trophy Points:
    63
    Jembatan adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk melewatkan lalu lintas yang terputus pada kedua ujungnya akibat adanya hambatan berupa: sungai / lintasan air, lembah, jalan / jalan kereta api yang menyilang dibawahnya. Struktur bawah jembatan adalah pondasi. Suatu sistem pondasi harus dihitung untuk menjamin keamanan, kestabilan bangunan diatasnya, tidak boleh terjadi penurunan sebagian atau seluruhnya melebihi batas-batas yang diijinkan.

    5 Prinsip Pemilihan Konstruksi Jembatan
    • Konstruksi Sederhana (bisa dikerjakan masyarakat) bos
    • Harga Murah (manfaatkan material lokal)
    • Kuat & Tahan Lama (mampu menerima beban lalin)
    • Perawatan Mudah & Murah (bisa dilakukan masy)
    • Stabil & Mampu Menahan Gerusan Air
    Hal Hal Yang Harus Diperhitungkan Dalam Pembuatan Pondasi
    • Berat bangunan yang harus dipikul pondasi berikut beban-beban hidup, mati serta beban-beban lain dan beban- beban yang diakibatkan gaya-gaya eksternal
    • Jenis tanah dan daya dukung tanah
    • Bahan pondasi yang tersedia atau mudah diperoleh di tempat
    • Alat dan tenaga kerja yang tersedia
    • Lokasi dan lingkungan tempat pekerjaan
    • Waktu dan biaya pekerjaan
    Pemilihan Letak Jembatan
    1. Pilih Bentang Terpendek
    2. Hindari Lokasi Belokan Sungai
    3. Hindari Tinggi Abutment yang Tinggi
    Bangunan Pelengkap Jembatan
    1. Sayap Jembatan
    Fungsi : Menahan tebing sungai dan pangkal jembatan
    [​IMG]
    2. Krib
    Fungsi : Mengarahkan & mengurangi hantaman air pada sayap & pangkal jembatan yang terletak di belokan sungai.

    [​IMG]

    3. Oprit

    Fungsi : Jalan masuk ke Jembatan & Tanjakan maksimum 12%

    [​IMG]

    Jenis Konstruksi & Batasan Jembatan yang “Biasa” atau“Disarankan” di PPK :
    • Berat bangunan yang harus dipikul pondasi berikut beban-beban hidup, mati serta beban-beban lain dan beban- beban yang diakibatkan gaya-gaya eksternal
    • Jenis tanah dan daya dukung tanah
    • Bahan pondasi yang tersedia atau mudah diperoleh di tempat
    • Alat dan tenaga kerja yang tersedia
    • Lokasi dan lingkungan tempat pekerjaan
    • Waktu dan biaya pekerjaan
    Catatan : Jembatan dengan jenis konstruksi khusus & panjang bentang diluar keempat jenis diatas, perlu persetujuan dari KMT.

    sumber : You have to login and like this post in order to see this link
     
    jouhar26 and Ariffin748 like this.

Share This Page