1. Bagi anda alumni Diploma Teknik Sipil UGM klik disini
    Dismiss Notice
Dismiss Notice
Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik seputar redaksional forum silahkan hubungi kami melalui email support@insinyur.id Untuk pertanyaan teknis silahkan membuat thread

Enam Ruas Tol Akan Dioperasikan Pada Agustus - September 2017

Discussion in 'Topik Lain' started by Aska Fatahna Aulia, 28 July 2017.

  1. Aska Fatahna Aulia

    Aska Fatahna Aulia New Member

    Joined:
    26 July 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    26 Juli 2017
    SP.BIRKOM/VII/2017/364

    *6 Ruas Tol Akan Dioperasikan pada Agustus – September 2017*

    Jakarta- Pada tahun 2017 ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan penambahan 16 ruas tol baru sepanjang 352,33 kilometer (km) yang dibangun oleh badan usaha dan 3 ruas sepanjang 39,65 km yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Dari sejumlah ruas tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan akan mengoperasikan sebanyak 6 (enam) ruas jalan tol dalam 2 bulan ke depan.

    “Dalam waktu dekat ini akan kita operasikan 5 (lima) ruas tol baru. Rencananya pada bulan Agustus dan September 2017 meliputi : Medan-Binjai seksi 2 (6,18 km) dan 3 (4,28 km), Palembang-Indralaya Seksi 1 (7,75 km), Kertosono-Mojokerto seksi 2 (20,15 km) dan 4 (0,9 km), Bawen-Salatiga (20,51 km), dan Gempol Junction - Bangil (7.8 km)” kata Menteri Basuki, di Jakarta, (25/7).

    Khusus ruas tol Gempol Junction - Bangil tadi (7,8 km) akan tersambung dengan ruas tol Bangil - Rembang sepanjang 7,9 km yang sudah dioperasikan sebelumnya. Sehingga secara keseluruhan ruas tol Gempol - Rembang 15,7 km sudah tuntas.

    Sementara yang keenam yang akan diperasikan adalah sebagian ruas tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu). Menteri Basuki mengatakan akan dibuka pada akhir September 2017 mendatang.

    "Pada akhir bulan September 2017 akan kita operasikan Becakayu Seksi 1 sepanjang 8,3 km (Cipinang - Jaka Sampurna), walaupun belum tersambung ke Jalan Kasablanka. Sekarang baru sampai Pasar Gembrong - Cipinang" ujar Menteri Basuki.

    Jalan Tol Becakayu ini memiliki panjang total 21,04 km yang terdiri dari 2 seksi yaitu seksi 1 Casablanca - Cipinang - Jaka Sampurna 11 km dan Seksi 2 Jaka Sampurna – Duren Jaya 10,04 km. Untuk keseluruhan Seksi 1 ditargetkan penyelesaiannya pada awal 2018. Biaya investasi tol ini mencapai Rp 7,2 triliun.

    *Pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II*

    Di samping 6 ruas tol yang akan diresmikan tersebut, Kementerian PUPR saat ini juga tengah membangun jalan tol Jakarta-Cikampek II (elevated). Pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan sehingga mengurangi kemacetan lalu lintas Karawang - Bekasi - Jakarta dan sebaliknya. Jalan tol Jakarta-Cikampek II sepanjang 36 kilometer ini, dibangun dengan investasi sebesar Rp 16 triliun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Ranggi Sugiron Perkasa dan ditargetkan beroperasi pada 2019.

    Pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II terdiri dari sembilan seksi yaitu Seksi Cikunir-Bekasi Barat (2,99 kilometer), Seksi Bekasi Barat-Bekasi Timur (3,63 kilometer), Seksi Bekasi Timur-Tambun (4,34 kilometer), Seksi Tambun-Cibitung (3,30 kilometer), Seksi Cibitung-Cikarang Utama (4,46 kilometer). Kemudian Seksi Cikarang Utama-Cikarang Barat (2,72 kilometer), Seksi Cikarang Barat-Cibatu (3,16 kilometer), seksi Cibatu-Cikarang Timur (2,45 kilometer) dan seksi Cikarang Timur-Karawang Barat (9,79 kilometer).

    Terkait kemacetan yang ditimbulkan akibat pembangunan jalan tol tersebut, Menteri Basuki mengungkapkan akan terus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas di sepanjang tol Jakarta-Cikampek.

    "Saya kira perlu rekayasa lalu lintas dan koordinasi intensif dengan Kepolisian, supaya kita bisa urai kemacetannya," tegas Menteri Basuki.

    Ia menambahkan bahwa "kita terlambat meningkatkan kapasitas jalan tol dan infrastruktur lainnya (LRT dan kereta cepat). Kebetulan saat ini semua dikerjakan secara bersamaan. Namun demikian, gangguan selama pekerjaan ini timbul karena Pemerintah melakukan upaya untuk mengatasi kemacetan. Secara etis, lebih bisa diterima dibandingkan kalau Pemerintah diam saja. Setidaknya kita punya harapan bahwa ke depan (kondisinya) lebih baik," tutup Menteri Basuki. (*)
     

    Attached Files:

    DONI likes this.
  2. DONI

    DONI Moderator Staff Member

    Joined:
    5 February 2016
    Messages:
    288
    Likes Received:
    245
    Trophy Points:
    43
    :kaget: Japek eleveted ii 36 km = 16 triliun
    Ngawi kertosono 50 km = sekitar 4 triliun
     
  3. Aska Fatahna Aulia

    Aska Fatahna Aulia New Member

    Joined:
    26 July 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Teknologinya bikin mahal mas.
     
    Last edited by a moderator: 17 August 2017
  4. DONI

    DONI Moderator Staff Member

    Joined:
    5 February 2016
    Messages:
    288
    Likes Received:
    245
    Trophy Points:
    43
    Teknokogi nya gmn ya bisa tolong dijelaskan?
     
  5. Aska Fatahna Aulia

    Aska Fatahna Aulia New Member

    Joined:
    26 July 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Menurutku biaya yang mahal jika dibandingkan sama Ngawi - Kertosono itu cukup wajar mengingat Japek elevated ini terdiri dari sekitar 600 pier (pier dipasang tiap 60m). Selain itu untuk erection method box girdernya sendiri, proyek ini menggunakan teknologi double truss luncher mas supaya lalu lintas di japek 1 tidak terganggu. Pun, japek elevated ini perlu merelokasi banyak sekali utilitas dalam pembangunannya. Hmmm pasti butuh lebih banyak biaya bukan mas? Koreksi mas jika salah
     
    Last edited by a moderator: 17 August 2017
  6. DONI

    DONI Moderator Staff Member

    Joined:
    5 February 2016
    Messages:
    288
    Likes Received:
    245
    Trophy Points:
    43
    16 T bkn termasuk biaya pembebasan lahan ya? cuma struktur aja? jadi pier nya pakai beton ya bkn baja?
     
  7. Aska Fatahna Aulia

    Aska Fatahna Aulia New Member

    Joined:
    26 July 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Proyek Japek II ini pakai skema elevated mas. Tidak ada proses pembebasan lahan yang dilakukan sampai saat ini.
    Pier nya pakai beton. Saat pengecoran posisi pier head sejajar dengan jalan. Kalau beton nya sudah mencapai final setting time kemudian diputar 90drjt.
     
    Last edited by a moderator: 17 August 2017
  8. DONI

    DONI Moderator Staff Member

    Joined:
    5 February 2016
    Messages:
    288
    Likes Received:
    245
    Trophy Points:
    43
    pier beton kan agak besar dan makan median? berarti gak ada perubahan sama sekali ya?mgkn jalan existing jadi tmbh lebar?
    oh berarti saya salah informasi ya katanya pakai struktur baja makanya mahal investasinya.
     
  9. Aska Fatahna Aulia

    Aska Fatahna Aulia New Member

    Joined:
    26 July 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Ya mas, sebelum konstruksi dimulai ada pelebaran jalan.
    Aku dapet informasi struktur pier pakai beton dari alumni yg kebetulan kerja di waskita. Mungkin aku bisa cari informasi lagi, begitupun dengan mas doni. Nanti tau deh yg bener yg mana hehehehe
     
    Last edited by a moderator: 17 August 2017
  10. DONI

    DONI Moderator Staff Member

    Joined:
    5 February 2016
    Messages:
    288
    Likes Received:
    245
    Trophy Points:
    43
    oh gitu ya?aku dapet info dari orang Jasa Marga pakai struktur baja yg bener yg mana ya? nanti tak cari tau lg deh.
     

Share This Page