1. Bagi anda alumni Diploma Teknik Sipil UGM klik disini
    Dismiss Notice
Dismiss Notice
Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik seputar redaksional forum silahkan hubungi kami melalui email [email protected] Untuk pertanyaan teknis silahkan membuat thread

Share Apa itu abrasi?

Discussion in 'Hidrologi & Keairan' started by doni, 12 February 2016.

  1. doni

    doni Well-Known Member

    Joined:
    5 February 2016
    Messages:
    290
    Likes Received:
    302
    Trophy Points:
    63
    Abrasi adalah fenomena alam yang selalu menjadi masalah di lingkungan pantai.Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Walaupun abrasi bisa disebabkan oleh gejala alami, namun manusia sering disebut sebagai penyebab utama abrasi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi adalah dengan

    Abrasi adalah suatu proses perubahan bentuk pantai atau erosi pantai yang disebabkan oleh gelombang laut, arus laut dan pasang surut laut. Abrasi yang terjadi terus menerus akan menimbulkan kerusakan lingkungan. Menurut berita dari koran “ Pikiran Rakyat” tanggal 31 Mei 2004 bahwa sedikitnya 40 kilometer kawasan pantai di Kabupaten Indramayu terus digerus abrasi. Kerusakan akibat gerusan air laut yang tersebar di tujuh wilayah kecamatan di Indramayu itu sangat memprihatinkan.

    Abrasi pantai Indonesia saat ini dinilai sudah mencapai tingkat mengkhawatirkan. Lebih dari 30 ribu kilometer pantai, atau sekitar 40 persen dari 80 ribu kilometer bibir pantai rusak akibat abrasi. Kondisi rawan ini menyebabkan potensi dampak bencana yang lebih buruk ketimbang sebelumnya. Bencana yang akan kerap terjadi antara lain gelombang besar, pasang laut luar biasa, erosi pantai, sedimentasi pantai, tsunami, angin badai, gempa bumi dan banjir.pantai rusak akibat abrasi. Kondisi rawan ini menyebabkan potensi dampak bencana yang lebih buruk ketimbang sebelumnya. Bencana yang akan kerap terjadi antara lain gelombang besar, pasang laut luar biasa, erosi pantai, sedimentasi pantai, tsunami, angin badai, gempa bumi dan banjir.

    Terjadinya Abrasi
    Abrasi dapat terjadi karena :
    1. Faktor Alam
    2. Faktor Manusia
    Proses terjadinya abrasi karena faktor alam disebabkan oleh angin yang bertiup di atas lautan yang menimbulkan gelombang dan arus laut sehingga mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai. Gelombang yang tiba di pantai dapat menggetarkan tanah atau batuan yang lama kelamaan akan terlepas dari daratan.

    Abrasi terjadi ketika angin yang bergerak di laut menimbulkan gelombang dan arus menuju pantai. Arus dan angin tersebut lama kelamaan menggerus pinggir pantai. Gelombang di sepanjang pantai menggetarkan tanah seperti gempa kecil. Kekuatan gelombang terbesar terjadi pada waktu terjadi badai sehingga dapat mempercepat terjadinya proses abrasi. Contoh abrasi karena faktor alam, misalnya adalah Pura Tanah Lot di pulau Bali yang terus terkikis

    Selain faktor alam, abrasi juga disebabkan oleh faktor manusia,misalnya penambangan pasir. Penambangan pasir sangat berperan banyak terhadap abrasi pantai, baik di daerah tempat penambangan pasir maupun di daerah sekitarnya karena terkurasnya pasir laut akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan arah arus laut yang menghantam pantai.

    Fenomena Abrasi
    Di Kota Tegal, Jawa Tengah, sekitar 30 persen pantainya terkena abrasi. Menurut Ketua Pengelolaan Sumber Daya Berbasis Komunitas Kota Tegal Suharjo, dari sekitar 750 meter panjang pantai yang ada, 250 m di antaranya terkena abrasi. Bahkan, lebar daratan pantai yang dulunya mencapai 200 m, saat ini hanya tersisa sekitar 20 m.Abrasi yang terjadi di wilayah Kota Tegal itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan baru kini disadari akibatnya. Akibat abrasi, sebagian besar daratan termasuk ratusan hektar tambak yang ada hilang Selama ini abrasi terparah terjadi di wilayah Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Di wilayah tersebut, sekitar 300 hektar lahan tambak milik nelayan hancur. Selain itu, abrasi juga menghancurkan sebagian perumahan penduduk di wilayah tersebut.

    Sementara, di Kabupaten Brebes, abrasi telah mengakibatkan hal yang sama. Data dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Brebes, Sabtu (17/12/05), abrasi di Brebes mencapai luasan 947,05 hektar.Abrasi di Brebes terdapat di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Losari, Tanjung, Bulakamba, Wanasari, dan Kecamatan Brebes. Abrasi terparah terdapat di Kecamatan Losari, mencapai 481,9 hektar dan meliputi lima desa, yaitu Desa Limbangan, Karangdempel, Prapag Lor, Prapag Kidul, dan Kecipir.

    Tidak hanya di Kota Tegal dan Kabupaten Brebes. Di Kota Pekalongan pun abrasi telah menimbulkan persoalan sosial yang kompleks. Abrasi terparah di Kota Pekalongan terjadi di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, yaitu di Pantai Sari.Di sana abrasi bahkan telah mengganggu ketenangan hidup sekitar 200 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Panjang Wetan. Pasalnya, abrasi telah menimbulkan rob yang setiap hari menggenangi rumah penduduk. Akibatnya, warga di sana banyak yang terkena penyakit kulit

    Pencegahan Abrasi
    1. Penanaman kembali hutan bakau

    Yaitu melalui rehabilitasi lingkungan pesisir yang hutan bakaunya sudah punah, baik akibat dari abrasi itu sendiri maupun dari pembukaan lahan tambak.

    2. Pelarangan penggalian pasir pantai

    Perlu peraturan baik tingkat pemerintah daerah maupun pusat yang mengatur pelarangan pasir pantai secara besar besaran yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

    3. Pembuatan pemecah gelombang

    Pemecah gelombang perlu dibuat di pesisir-pesisir karena dapat mengurangi kekuatan gelombang yang menerjang pantai.

    4. Pelestarian terumbu karang

    Terumbu karang juga dapat berfungsi mengurangi kekuatan gelombang yang sampai ke pantai. Oleh karena itu perlu pelestarian terumbu karang dengan membuat peraturan untuk melindungi habitatnya.

    sumber : You have to login and like this post in order to see this link
     

Share This Page